Kolaborasi Strategi Reading Aloud dan Tow Stay Two Stay dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 4 Surakarta   3 comments

Hmasir

Kolaborasi Strategi Reading Aloud dan Two Stay Two Stay Sebagai Upaya

Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS

Kelas VII F SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

ABSTRAK

Oleh:

Hamsir,  Arif Zubaidi,  dan Achmad Mutholi’in

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan kolaborasi strategi reading aloud dan two stay two stay.

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek dan sumber data siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009 pada mata pelajaran IPS dengan jumlah siswa 36 orang. Desain penelitian metode alir dari Kemmis dan Taggart dengan model siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Prosedur analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Milles dan Huberman.

Berdasarkan analisis hasil tes dan temuan dalam refleksi-evaluasi kegiatan pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa; 1) melalui prosedur dan langkah-langkah yang sesuai, penggunaan kolaborasi  strategi reading aloud dan two stay two stay dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 2) Penerapan kolaborasi strategi ini meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada aspek kegiatan siswa yang menunjukan minat dalam mengikuti pembelajaran yaitu: a) membaca keras, b) menyimak bacaan, c) fokus perhatian, d) kerjasama, e) usaha mencari jawaban, dan f) presentasi, 3) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan kolaborasi strategi reading aloud dan two stay two stay dalam pembelajaran mempunyai kecenderungan semakin meningkat pada setiap siklus. Persentase dan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM mencapai 85%, 4) Persepsi siswa terhadap penggunanaan kolaborasi strategi reading aloud dan two stay two stay yang diterapkan dalam penelitian ini sangat positif, siswa sangat senang dan sangat berminat jika strategi ini digunakan pada penyajian materi dan mata pelajaran selain IPS. Kolaborasi strategi ini sangat efektif meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa apabila dalam pembelajaran dipahamkan tentang langkah-langkah kegiatan penggunaan strategi ini, guru membimbing siswa yang menemui kesulitan dalam proses pembelajaran, dan pada akhir pelajaran diberikan tes evaluasi serta merefleksi kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: strategi reading aloud, two stay two stay, minat, dan prestasi belajar

Posted 26 Februari 2010 by Hamsir in Pelatihan Jardiknas

3 responses to “Kolaborasi Strategi Reading Aloud dan Tow Stay Two Stay dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Subscribe to comments with RSS.

  1. right

    hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
  2. ada ga yang lain

  3. salam balik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: